BAB I
PENDAHULUAN
A. Dasar Gagasan Usaha
Cemilan atau
makanan-makanan ringan bisa dikatakan saat ini sangat sering dicari oleh
orang-orang untuk dibeli dan dikonsumsi, hal ini dikarenakan cemilan ini sangat
mudah didapatkan dan juga sangat praktis sehingga konsumen sering memburu
cemilan-cemilan untuk dibeli. Saat ini begitu banyak cemilan-cemilan yang
dijajakan di pinggir-pinggir jalan, dan juga makanan ringan ini biasanya
bermacam-macam jenis yang diperjualbelikan dipinggir-pinggir jalan, salah satu
jenis makanan tersebut ialah donat, mungkin sudah banyak cemilan-cemilan donat
sudah sering dijajakan, dari yang biasa hingga yang sudah sangat terkenal,
namun terkadang donat yang diperjualbelikan dipasar sekarang ini hanya donat
yang berbahan baku menggunakan tepung terigu.
Dengan pertimbangan
masalah diatas maka kami ingin mencoba untuk membuka usaha dibidang donat,
namun dengan bahan yang sedikit berbeda, selain tepung terigu dan bahan
pokok-pokok lain kami juga menambahkan bahan berupa kentang. Dengan kentang
donat kami mempunyai cita rasa yang sedikit berbeda, dan juga donat kami tidak
menggunakan bahan pengawet untuk tetap memikirkan kesehatan para konsumen kami.
Dengan ini kami merasa ada peluang pasar yang dapat kami buat, karena
mempertimbangkan konsumen yang membutuhkan dan menginginkan suatu cemilan donat
yang sedikit berbeda dengan yang sudah ada dan juga kami donat kami jauh dari
bahan pengawet sehingga sangat baik bagi semua kalangan.
Dari data yang kami
dapat, di sekitar daerah Jl. G Obos Sekitar area kampus IAIN Palangkaraya
terdapat banyak mahasiswa yang lalulalang dan juga warga yang menggunakan jalan
raya yang sangat potensial bagi usaha kami, oleh karena itu merupakan suatau
kesempatan bagi kami untuk membuat suatu usaha dan mengembangkan usaha yang
baru kami rintis ini, supaya dapat mengubah persepsi donut yang penuh bahan
pengawet dan tidak sehat menjadi donut sehat dan kaya rasa tanpa harus
menggunakan bahan pengawet.
B. Prospek Pasar
Dengan begitu
banyaknya usaha makanan ringan yang berbentuk donat karena kita tau donat dapat
menyentuh setiap golongan dari anak-anak hingga dewasa menyukai donat. Selain
itu juga didaerah tempat kami buka usaha juga terdapat begitu banyak
usaha-usaha yang lain, sehingga sangat-sangat potensial mengundang calon pelanggan
lain diluar mahasiswa IAIN Palangkaraya dan warga sekitar. Melihat kondisi
diatas, kami pun tertarik untuk membuat suatu usaha kuliner yang berbentuk
cemilan donat kentang dengan berbagai toping atau tambahan berbagai macam rasa,
serta didukung dengan tempat yang sangat strategis dan banyak calon-calon
pelanggan yang beraktifitas disekitar tempat usaha kami. Dengan demikian, kami
yakin prospek pasar usaha kami sangatlah baik.
C. Manfaat Ekonomi
Manfaat ekonomi yang didapat dari usaha
ini, adalah :
1. Keuntungan yang diperoleh dari hasil
penjualan.
2. Terciptanya lapangan pekerjaan baru.
3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
dengan banyaknya konsumen yang datang sehingga memotivasi terciptanya lapangan
usaha baru.
D. Manfaat Sosial
v Mambantu pemerintah dalam mengembangkan
kewirausahaan di Indonesia.
v Memudahkan masyarakat dalam memperoleh
cemilan donat kentang yang sehat dan berkualitas.
v Berkurangnya jumlah pengangguran
E. Visi,
Misi, dan Tujuan
1. V
isi:
Menjadi wirausahawan
yang mandiri dan berkualitas yang dapat bersaing dipasar dan juga dapat
mengembangkan usahanya dengan baik di dalam negeri dan memiliki harapan untuk
mengembangkan usaha hingga ke mancanegara untuk jangka panjangnya.
2. Misi:
v Mengembangkan suatu usaha yang sudah
ada dengan mengembangkan dan memperbarui produk
tersebut dengan lebih sehat dan
berkualitas.
v Membangun dan mengembangkan
potensi diri dalam membangun usaha wirausaha mandiri.
v Membuat suatu mekanisme wirausaha yang
berkualitas sehingga dapat bersaing dipasar.
3. Tujuan
v Memperoleh suatu keuntungan dan
pendapatan dari usaha mandiri yang didirikan untuk mensejahterakan pemilik dan
tenaga kerja.
v Mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan
produk cemilan yang kita tawarkan.
v Memperoleh kepercayaan yang optimal
dari konsumen, sehingga dengan adanya kepercayaan yang diberikan diharapkan
usaha yang telah dijalankan dapat lebih berkembang.
BAB II
SALES DAN MARKETING
A. Gambaran
Umum Pasar Sasaran
Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan ringan. Makanan ringan yang kami
tawarkan yaitu berbentuk donat kentang yang berbeda dengan donat yang sudah ada
dipasaran. Berbagai macam toping dan isi didalam donat kentang kami menjadi
menu utama. Donat kentang sangat berbeda dengan donat-donat yang sudah ada
dipasaran karena selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami
gunakan juga berasal dari sayuran jadi donat kentang ini sangatlah sehat namun
tetap menjaga cita rasa yang berkualitas.Sedangkan untuk pengenalan produk
dapat dilakukan secara langsung kepada masyarakat Palangkaraya yang bertempat
sangat strategis dan banyak aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut. Hal itu
akan memudahkan para penggemar donat untuk menikmati produk yang kami tawarkan.
Dengan mengutamakan kualitas produk dan tempat strategis “Donat Kentang” akan dapat
bersaing dengan usaha lain yang serupa.
B. Jenis produk yang dipasarkan
Produk
yang kami jual saat ini adalah berupa makanan ringan. Tanpa mengenyampingkan
kualitas dan lebih memperhatikan kesehatan dari makanan tersebut, berikut
menu-menu yang kami tawarkan :
Menu Special Donut Kentang dengan
toping
:
Donat Kentang dengan Toping
Keju
Donat Kentang dengan Toping Coklat
Donat Kentang dengan Toping Strawberry
Donat Kentang dengan Toping Coklat Keju
Donat Kentang dengan Toping Kacang
Donat Kentang dengan Toping rasa Nanas
Menu Special Donut kentang Dengan Isi
didalamnya:
v Donut Kentang Isi Keju
v Donut Kentang Isi Coklat
v Donut Kentang Isi Coklat Keju
v Donut Kentang Isi Selai Kacang
v Donut Kentang Isi Selai Strawberry
v Donut Kentang Isi Selai Nanas
C. Penawaran
(competitors)
Penawaran
merupakan jumlah produk sejenis yang ditawarkan pada konsumen oleh pesaing. Penawaran
tersebut menunjukan kemampuan pesaing dalam memperoduksi barang selama periode
tertentu.
D. Jumlah
produk sejenis dipasaran
Pada
kenyataannya begitu banyak usaha yang bergerak dibidang makanan ringan dengan
objeknya yaitu donat, dari usaha yang sederhana hingga yang sudah sangat
terkenal pun ada, namun terkadang mereka tidak memperhatikan aspek kesehatan
bagi konsumen dengan menggunakan bahan pengawet agar donat yang tidak terjual
hari ini dapat dijual lagi dikemudian hari, hal ini sangat beresiko bagi bagi
kesehatan konsumen. Berdasarkan hasil survei terdapat pesaing yang juga
menawarkan makanan ringan donat yang mereka jajakan dengan langsung menjangkau
konsumen, seperti dijajakan di jalan-jalan. Sedangkan donat kentang tidak
terjun langsung menjangkau konsumen, namun dengan seperti ini konsumen bisa
memilih apa yang mereka ingin pesan. Sehingga bisa dikatakan donat yang
dijajakan langsung ke konsumen ini menjadi pesaing utama dari donat kentang
produk yang kami tawarkan.
E.
Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang kami pilih adalah Jl. G Obos sekitar Kampus IAIN Palangkaraya.
Berikut faktor-faktor mengapa daerah tersebut yang kami pilih:
v Berada didekat Kampus IAIN Palangkaraya
yang mahasiswanya banyak melakukan aktifitas didaerah tersebut.
v Lokasi yang sangat strategis karena
dilewati berbagai kendaraan umum maupun pridadi di jalan G Obos tersebut.
F. Wilayah Pemasaran
Dengan dasar produk yang baru, pemasaran akan dimulai dari wilayah pemasaran
terkecil yaitu didaerah-daerah Palangkaraya dan sekitarnya yang kemudian akan
dikembangkan lebih lanjut seperti memasuki pasar – pasar diluar daerah Palangkaraya.
Potensi daerah luar sangatlah besar. Wilayah yang lebih spesifik untuk pemsaran
daerah Palangkaraya dan sekitarnya:
v Kalimantan selatan (Banjarmasin dan
sekitarnya)
v Kalimantan Barat (Pontianak dan
sekitarnya)
v Kalimantan Timur (Samarinda dan sekitarnya)
1. Product
Persaingan produk
makanan ringan atau cemilan-cemilan seperti donat terbagi menjadi dua
persaingan yaitu persaingan langsung dan tidak langsung. Produk pesaing
langsung merupakan jenis produk makanan ringan atau cemilan seperti donat itu
sendiri. Namun, makanan ringan atau cemilan donat ini biasanya dijual oleh
pedagang yang menjajakan makanannya kedalam-dalam kota. Tetapi, ada juga yang
menjual produk makanan ringan atau cemilan donut ini ditempat yang mereka
miliki.
2. Price
Harga yang ditawarkan
pesaing relatif lebih murah dan dapat terjangkau oleh semua kalangan dan pas
dikantong siswa/siswi sekolah maupun mahasiswa/mahasiswi maupun masyarakat
sekitar.
3. Promosi
Kami akan mempromosikan produk donat kami dengan melewati
browsur, face to face dan juga melakukan promosi-promosi di media sosial karna
kita dizaman digital pasti media promosi ini sangat cocok untuk usaha ini.
4. Place
Sesuai dengan survei yang
telah dilakukan diketahui bahwa, konsumen paling banyak membeli produk
cemilan donat dari waring-warung terdekat, gerai yang sudah ada nama, atau
pedagang yang menjajakan produknya secara langsung.
5. People
Para
tenaga kerja yang bekerja dan terlibat dalam kegiatan bisnis produk makanan
cemilan-cemilan donat ini.
6. Physical Evidance
Penjual produk
makanan cemilan seperti donat pada umumnya tidak memiliki ciri khas tersendiri
dalam melayani konsumen. Agar konsumen lebih merasa nyaman, para pelayan atau
penjual produk makanan cemilan seperti donat yang sudah memiliki gerai dan nama
biasanya menggunakan seragam dan ciri khas sendiri supaya terlihat lebih sopan
dan rapih.
7. Process
Proses pembuatan
produk pesaing yang dilakukan oleh pesaing rata-rata menggunakan cara yang
sama, sehingga rasa yang dihasilkan kurang dapat dibedakan dengan pesaing lain
dan tidak memiliki ciri khas dalam produknya.
G. Rencana
Strategi Pemasaran
Untuk
menentukan strategi pemasaran digunakan analisis SWOT untuk mengetahui
bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi bisnis ini. Berikut
adalah analisisnya :
1. Strength
Kekuatan dari produk
yang kita buat terletak pada bahannya yang menggunakan sayuran yaitu kentang
dan juga tidak menggunakannya bahan pengawet sehingga produk kita terjamin
sehat namun tidak meninggalkan kualitas dari cita rasa produk yang kita buat,
karena kita sudah banyak tau donat-donat sejenis yang diproduksi oleh pesaing
rata-rata mereka tidak memikirkan aspek kesehatan pada produknya.
2. Weaknesess
Produk kami merupakan
produk baru sehingga secara langsung belum mendapatkan perhatian konsumen dan
perlu dibuat strategi promosi yang efektif dan efisien.Bisnis ini tergantung
dari kemampuan innovatornya sejauh mana dapat mengembangkan usaha yang
terhitung baru dan memerlukan keeja keras untuk memperkenalkan produk baru pada
konsumen.
3. Opportunity
Produk baru pasti
mempunyai kesempatan untuk berkembang dan melakukan ekspansi pasar. Selain itu
hampir jarang produsen yang menjual donat dengan memikirkan dari aspek
kesehatan, oleh karena itu peluang pasar dari produk yang kita buat cukup
besar.
4. Threat
Hambatan yang kami
temui dalam usaha ini kurang pekanya sebagian konsumen terhadap suatu produk
yang memiliki suatu hal yang penting bagi kebutuhan diri konsumen itu sendiri,
terkadang sebagian konsumen tersebut lebih mementingkan harga yang murah namun
bisa membahayakan kesehatan dari si konsumen tersebut atau malah lebih memilih
produk yang mahal agar gengsi meningkat namun kita tidak pernah tahu apakah
produk tersebut baik atau tidak.
Berdasarkan analisis tersebut, maka
strategi pemasaran yang kami rencanakan sebagai berikut :
1. Product
Dalam bisnis ini kami
menawarkan produk dan jasa. Produk utama yang kami tawarkan adalah “Donat
Kentang” dengan berbagai varian dan rasa beserta minuman-minuman ringan yang
kami sajikan. Lalu, pelayanan atau jasa yang akan kami tawarkan adalah
pelayanan yang cepat dan tepat merupakan hal utama.
2. Price
Strategi harga yang
akan direncanakan adalah penyamaan harga dengan harga pasar, karena produk yang
kita produksi sudah lumayan banyak dipasar, hal ini ditentukan agar produk kita
dapat bersaing dengan produk yang sudah berada dipasar.
3. Promotion
Promosi yang akan dilakukan dengan
berbagai yaitu :
a) Sampel gratis
Kami akan memberikan beberapa sampel
gratis dari donat kentang yang kami produksi agar konsumen dapat mencoba dan
tertarik kepada produk donut kentang. Sampel gratis ini kami lakukan pada hari
senin dibulan pertama kita, jadi satu minggu ada 1 hari kita berikan sampel
gratis.
b) Voucher gratis
Kami akan memberikan voucher gratis
kepada setiap pelanggan kami apabila pelanggan tersebut membeli sebanyak 10
buah, dan 1 voucher ini bisa dapat 1 gelas jus gratis.
c) Brosur
Kami akan menyebarkan beberapa brosur
tentang produk kami, sehingga konsumen dapat memperoleh informasi tentang
produk donat kentang yang akan kita tawarkan.
d) Maskot produk
Maksudnya kami menyiapkan berupa maskot
dari produk yang berada di depan gerai yang kita miliki sebagai maksud untuk
menjadi penarik para pelanggan.
e) Place dan Distribution
Distribusi dari produk kami ialah
penjualan secara langsung kepada konsumen dengan men
yediakan gerai dan menerima pesanan
untuk dibawa pulang dengan kemasan yang menarik.
Lokasi yang kami pilih
didaerah Jl.G Obos depan kampus IAIN Palangkaraya dengan beberapa alasan :
v Berada dekat dengan banyak usaha
seperti pedagang buah sehingga para calon pelanggan juga selalu lalulalang
didepan gerai kami.
v Adanya aktifitas mahasiswa yang
memungkinkan mahasiswa tersebut menjadi pelanggan produk kita.
v Lokasi yang dekat dengan Kampus IAIN
Palangkaraya sehingga banyak sekali aktifitas yang dilakukan para calon
pelanggan.
f)
Physical evidence
Karena pelanggan buat perusahaan adalah
raja, kami akan melayanin para pelanggan dengan sangat ramah sehingga pelanggan
merasa nyaman pada saat berkunjung di gerai kami.
g) Process
Proses pembuatan produk kami tidak menggunakan
mesin, itu dimaksudkan untuk menjaga ke higienisan dari produk kami, dan pada
proses pembuatan kebersihan sangat dijaga.
h) Penyajian
Penyajian dari produk kami dibuat
semenarik mungkin dan juga bisa berubah-ubah sesuai dengan ide atau trend yang
ada pada saat itu. Untuk kemasan pada produk yang dibawa pulang juga dibuat
secara lucu agar para konsumen tidak merasa bosan dengan produk kami.
BAB III
PRODUKSI DAN OPERASI
A. Produk
Bisnis yang dijalankan merupakan bisnis
baru dimana menciptakan suatu makanan yang unik.Pada umumnya semua orang
mengenal Donat namun hanya jenis donat tertentu saja yang dikenal oleh
masyarakat. Disini kami ingin menawarkan sebuah hal yang berbeda kepada
masyarakat. Karena jika dilihat dari segmen pasar, kebanyakan masyarakat
perkotaan menyukai suatu makanan yang “aneh” dan unik.
Produk yang kami tawarkan adalah Donat
dengan memiliki ciri khas yang berbeda yaitu:
v Makanan yang disajikan secara praktis
dan ekonomis
v Dapat dijadikan snack
v Dapat dikonsumi dimana saja dan kapan
saja.
v Memiliki rasa yang unik.
B.
Operasi
1.
Fixed Assets
Berikut ini adalah aset tetap yang kita
miiliki dalam rangka membantu pelaksanaan usaha kami, yaitu:
No.
|
Peralatan
|
Jumlah
|
Satuan
|
Nominal
|
1
|
Motor
|
1
|
buah
|
20.000.000
|
2
|
Kompor Gas
|
1
|
buah
|
250.000
|
3
|
Lemari
|
1
|
buah
|
100.000
|
4
|
Meja dapur
|
1
|
buah
|
100.000
|
5
|
Mixer
|
1
|
buah
|
200.000
|
Total
|
2.
Factory Layout
Dari data statistik yang diperoleh,
jumlah mahasiswa di IAIN Palangkaraya sebesar 1.000 ++ orang. Dengan melihat
daerah yang banyak ini tedapat kost kostan dan dilalui banyak warga karena
kondisinya dekat dengan jalan raya.Besar kemungkinnan potensi makanan
tradisional menarik konsumen daerah tsb.
3.
Product Layout
Menu utama makanan yang kami sajikan
ialah Donat kentang dengan berbagai macam rasa dan isi. Sedangkan untuk menu
minuman kami menawarkan minuman hangat dan minuman softdrinks dingin.Minuman
hangat yang kami tawarkan diantaranya bandrek, bajigur, dan kopi bandrek.
4.
Process Layout
Sebagai salah satu makanan yang sangat
digemari oleh berbagai kalangan, dengan khas empuk dan lembutnya donat menjelma
menjadi kue dengan bahan, hiasan (topping) dan rasa yang sangat bervariasi dan
kreatif.Berikut kami salin resep donat kentang praktis yang enak dan lembut.
Bahan :
500 gram tepung
terigu protein tinggi
250 gram kentang,
kukus, haluskan dan dinginkan
50 gram susu bubuk
fullcream
1 bungkus/ 11 gram
ragi instant
100 gram gula halus
75 gram mentega
½ sdt garam
4 butir kuning telur
100 ml air dingin
CARA MEMBUAT DONAT KENTANG :
Campurkan tepung terigu,
gula, susu bubuk, dan ragi instant, menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan
kentang halus, aduk sampai rata.
Masukkan kuning telur dan air dingin,
uleni hingga rata dan setengah kalis.Tambahkan mentega dan garam, uleni terus
hingga kalis elastis.Diamkan selama 15 menit.
Bentuk adonan menjadi bulat atau sesuai
selera.Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
Jika ingin
berlubang, buat lubang kecil di tengah lalu goreng dengan minyak panas di atas
api sedang hingga kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak
mudah meleleh saat donat mulai mengembang, masukkan sumpit di tengah lubang
kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan
rata.
Angkat dan tiriskan lalu hiasi dengan
topping gula halus, coklat leleh, meises, keju atau aneka toping lainnya.
Tiramisu : 50 ml susu segar; 250 gram
cokelat masak putih cincang; 2 butir kuning telur; ½ sdt pasta tiramisu; 20
gram coklat bubuk untuk taburan.
Panaskan susu segar dalam panci lalu
masukkan cokelat masak cincang, aduk hingga leleh dan tercampur rata. Masukkan
kuning telur aduk hingga rata, tambahkan pasta tiramisu.Topping di atas donat,
taburi cokelat bubuk.
BAB IV
ORGANISASI DAN
MANAJEMEN
1. Umum
v Nama
Perusahaan : Donat Kentang
Sehat
v Pemilik perusahaan ini ada 3 orang
yaitu Muhammad Sugianoor, Muhammad Riyas Rasyid, Ahmad Jami Agani.
v Alamat tempat
usaha : Jl. G Obos depan sekitar kampus IAIN
Palangkaraya
v Bentuk badan hukum : Partnership
v Tahun
berdiri
: 2013
2.
Struktur
Organisasi dan Job Description
a.
Struktur Organisasi
b.
Job Description
v Manajer (Manager)
vBertanggung jawab terhadap kegiatan
operasional usaha termasuk terhadap pengelolaan, pengembanga dan pengendalian
operasi usaha.
v Mengawasi dan mengevaluasi kinerja
setiap tenaga kerja.
v Memberikan perintah terhadap tenaga
kerja berhubungan dengan tanggung jawabnya.
v Menjalin hubungan baik dengan pihak luar
(eksternal).
v Memastikan bahwa seluruh tenaga kerja
mematuhi segala peraturan kerja.
v Bagian Keuangan (Financial Section)
v Melayani konsumen dalam hal pembayaran
atas produk yang telah dikonsumsi.
v Bertanggung jawab terhadap segala yang
berhubungan dengan pencatatan, pemasukan dan penggunaan keuangan perusahaan.
v Membuat laporan keuangan/ neraca
laba-rugi.
v Melaporkan keadaan keuangan perusahaan
kepada manager setiap bulannya.
v Bagian Produksi (Production Section)
v Mangajukan kebutuhan bahan yang
berhubungan dengan proses produksi.
v Menyediakan kebutuhan konsumen atas
menu yang telah dipesan.
v Melaporkan penggunaan bahan kepada
manager perusahaan.
v Memeriksa persediaan bahan baku.
v Melayani setiap konsumen yang datang
seperti menanyakan menu yang akan dipesan dan mengantar pesanan ke konsumen.
v Menyampaikan pesanan dari konsumen ke
bagian dapur.
v Menjaga kebersihan dan kerapihan meja
yang telah digunakan oleh konsumen.
v Bagian Pemasaran (Marketing)
v Mempromosikan produk “Donat Kentang
Sehat”
v Merumuskan segmentasi, targeting,
positioning produk sesuai dengan strategi yang ditetapkan.
v Menganalisis kebutuhan pasar.
v Menjalin hubungan baik dengan konsumen.
v Membuat laporan pertanggungjawaban.
3.
Administrasi
a.
Perizinan
Dalam memulai suatu usaha diperlukan beberapa perizinan.Karena “Donat Kentang
Sehat” merupakan bentuk usaha dibidang perdagangan makanan dan minuman maka
diperlukan bentuk perizinan khusus yaitu Keterangan Departemen Kesehatan
mengenai kualitas makanan/minuman yang disajikan serta izin dari MUI untuk
perolehan label halal.
Tabel 1 Biaya Perizinan
Keterangan Izin
|
Biaya
|
•
Ijin MUI
|
Rp 150.000
|
•
SITU (Surat Ijin Tempat Usaha)
|
Rp 200.000
|
•
SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan)
|
Rp 150.000
|
•
TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
|
Rp 100.000
|
TOTAL
|
Rp 600.000
|
Biaya Pemasaran
Tabel 2 Anggaran Pemasaran
Keterangan
|
Biaya Satuan
|
Biaya
|
•
Pembuatan Brosur
|
500 lembar @Rp 700
|
Rp 350.000
|
•
Banner
|
3 meter @Rp 50.000
|
Rp 150.000
|
jumlah
|
Rp 500.000
|
Biaya Administrasi
Tabel 3 Anggaran Biaya Administrasi
Keterangan
Administrasi
|
Biaya
|
Alat Tulis
|
Rp 150.000
|
Kertas HVS A4 70 gr
|
Rp 150.000
|
Amplop, Faktur,
Kwitansi
|
Rp 50.000
|
Tinta
|
Rp 50.000
|
Total
|
Rp 400.000
|
BAB V
KEUANGAN
A.
Biaya
Proyek
Biaya proyek merupakan gambaran dana
yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha. kami membagi pengadaan dana
ini menjadi 2 yaitu investasi dan biaya usaha. Investasi merupakan aktiva tetap
yang jumlahnya tidak akan habis dalam waktu satu tahun. Sedangkan biaya usaha
merupakan biaya yang harus dikeluarkan dalam operasional perusahaan. kami
memperhitungkan biaya usaha dalam kurun 2 bulan karena untuk bulan berikutnya
biaya usaha dapat tergantikan oleh hasil penjualan.
B.
Aspek
Keuangan
Bahan-bahan untuk membuat donat kentang
:
Tepung terigu 1 Kg
: Rp. 11.000
Kentang ½ Kg : Rp. 4.000
Fermipan ½
bungkus
: Rp. 1.500
Margarin ½
bungkus : Rp. 2.000
Telur : Rp. 1.000/buah x
5 : Rp. 5.000
Gula Pasir ½
Kg
: Rp. 5.500
Susu Bubuk : Rp. 1.000/set x
2 : Rp. 2.000
Coklat Batangan & Aneka
Rasa : Rp. 25.000
Minyak Sayur ½ L
:
Rp. 6.000
Air Santan 480
ml
: Rp. 5.000
Garam ½
sdt
: Rp. 500 +
TOTAL
Rp. 67.500
v Dari 1 kg (terigu plus bahan lainnya)
bisa menjadi 40 buah donat
v Untuk menghasilkan 1.000 pcs donat
memerlukan 25 Kg (terigu plus bahan)/ hari
v Untuk 4 store (1.000 pcs : 4 strore )
menghasilkan 250 donat/hari
v Per bulannya kami memproduksi
1.000 pcs x 30 hari = 30.000 pcs donat kentang
v Perbulannya membutuhkan 30.000 pcs
donat: 40 donat per/kg= 750 kg.
v Total biaya Rp 67.500 x 750 kg =
Rp. 50.625.000/bulan
v Pendapatan kotor yang diperoleh dari
harga jual sebesar Rp.3.000/pcs x 30.000 pcs donat = Rp.90.000.000.
Modal Awal untuk 4 outlet :
v Mesin pembuat donat (4 x
Rp.1.400.000)
Rp. 5.600.000
v Etalase (4 x Rp.
250.000)
Rp. 1.000.000
v Kompor gas & tabung (4 x
Rp.600.000)
Rp. 2.400.000
v Spanduk & selebaran (4 x
Rp.250.000)
Rp. 1.000.000
v Piring, Nenampan , Wajan (4 x
Rp.800.000)
Rp. 3.200.000
v Plastik/Kardus (pembungkus donat),
Tisyu
Rp. 1.000.000
v Sewa kantin (4 x
Rp.500.000) Rp.
2.000.000
v Biaya Listrik&Air (4 x
Rp.1.000.000)
Rp. 4.000.000
v Bahan
Rp.50.625.000
v Gaji
Rp.12.900.000+
TOTAL MODAL
AWAL
Rp.83.725.000
Pendapatan
bulan pertama :
Modal (Owner) Rp.85.000.000
Modal awal
usaha Rp.83.725.000-
Jumlah Rp. 1.275.000
Pendapatan penjualan bulan
pertama
Rp.90.000.000+
Jumlah
Rp.91.275.000
Modal (Owner)
Rp.85.000.000-
LABA Rp. 6.275.000
Modal sudah balik di bulan pertama dan
mendapatkan laba Rp.6.275.000.
Laba tersebut dengan kesepakatan
bersama di masukan ke tamabahan modal (Kas) agar perusahan terus berkembang.
Biaya pengeluaran perbulan (bulan ke 2
)
v Isi ulang gas 12 kilo/bulan Rp.75.000 x
4
Rp 300.000
v Plastik/Kardus (pembungkus donat), Tisyu Rp.
250.000 x 4 Rp. 1.000.000
v Sewa kantin,Listrik&Air
Rp.1.500.000 x
4
Rp. 6.000.000
v Bahan Rp.
50.625.000
v Gaji Rp. 12.900.000+
Total Pengeluaran Per
Bulan Rp. 70.825.000
Pendapatan bulan ke 2 :
Pendapatan
kotor
Rp. 90.000.000
Biaya pengeluaran tiap
bulan
Rp. 70.825.000-
Laba
Rp. 19.175. 000
Dengan kesepakatan bersama agar
perusahan yang kami dirikan terus berkembang, maka laba yang kami peroleh
setiap bulannya di masukan ke dalam tambahan modal (kas) selama tahun pertama
usaha kami.
Ditahun kedua dengan kesepakatan yang
kami buat, laba akan di bagi rata keseluruh owner.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar