BAB
IPENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Perusahaan
Dalam suatu pemasaran banyak sekali
berbagai bentuk dan macam macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang
besar dan dari yang termurah hingga yang termahal. Dalam kebutuhan sehari -
hari banyak sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti memiliki makanan yang
sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan - makanan memang sudah banyak sekali
yang menjual tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan baik untuk
dikonsumsi ketika siang maupun malam hari untuk
masyarakat kalangan menengah kebawah ataupun menengah ke atas.
Makanan ini dibuat dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan
higienis, begitu juga harga terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat
untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak, nikmat, dan lezat.
Oleh karena itu saya memilih jenis
usaha yaitu “RISOL MAYO” untuk dijual karena untuk mengingatkan masyarakat
Indonesia agar tidak lupa makanan khas Indonesia, karena ini merupakan makanan
untuk dikonsumsi.
BAB
IIISI BUSINESS PLAN
A.
Visi
& Misi
Visi :
Menjadikan “Risol Mayo” sebagai usaha makanan cepat saji yang
terkenal minimal di Palangkaraya, maksimal seluruh Indonesia mengetahui Risol
Mayo.
Misi
:
1.
Mengutamakan kualitas dalam
pelayanan dan penyajian (makanan)
2.
Berorientasi kepada kepuasan
konsumen
3.
Mengembangkan inovasi – inovasi
baik dalam produk maupun pelayanan
4.
Mengembangkan usaha di beberapa
tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha.
B. Identifikasi Usaha
Nama
Usaha :
Risol Mayo
Pemilik
Usaha :
Muhammad Sugianoor
Alamat
Usaha :
Jl. G Obos
Contact
Person :
085787442495
C.
Ruang
Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih usaha perumahan
kecil, tapi usaha ini sangat menjanjikan karena Risol Mayo dapat dikonsumsi
oleh semua kalangan.
Tujuan Usaha
- Menerapkan kemampuan berwirausahaAgar usaha kita lebih dikenal orang lain
- Memunculkan bakat untuk berbisnis
- Mendapatkan keuntungan
BAB III
ANALISIS USAHA
A.
Rencana
Produk
Produk kami ialah produk makanan
ringan, dan produk kami adalah makanan cepat saji yang istimewa. Bahan utama
yang kami gunakan adalah telur,mayonaise,daging asap, saos, keju.
Awalnya perusahaan kami dibentuk
karena melihat tingkat kesukaan masyarakat kepada makanan ringan yang cukup
tinggi. Modal kami berjumlah Rp. 1.500.000
B.
Produk/jasa
yang dihasilkan
Keistimewaan
Risol Mayo ini diantaranya :
- Hidangan lezat dan bergizi
- Harga ralative terjangkau oleh
semua kalangan
- Disajikan dengan berbagai macam
isi (ayam, daging asap, telur, sayuran)
BAB
IVDESKRIPSI TENTANG USAHA
A.
Jenis
Usaha
Menjual makanan ringan yang lezat
dan bergizi dan disajikan den dengan berbagai ng asap, macam isi (ayam, daging
asap, telur , sayuran).
B.
Prospek
Usaha
Usaha yang kami dirikan ini
merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan produk makanan ini.
Dalam usaha ini tingkat persaingan mudah diatasi karena kami selalu berinovatif
dan kreatif dalam produk kami sesuai selera konsumen.
BAB
VRENCANA PRODUKSI
Rencana produksi kami dalam jangka
waktu 1bulan sebesar 500 Risol Mayo sebagai berikut:
A.
Bahan
Baku dan penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat Risol Mayo:
1. Bahan kulit
risol
2. Bahan Isi Risol Mayo
a. Tepung
terigu
a. Mayonaise
b.
Telur
b. Daging smokebeef
c. Mentega
c. Keju
d. Garam
d. Telur
e. Air
e. Sause
f. Susu bubuk
Cara pembuatan:
- Campurkan tepung terigu dengan susu cair, aduk hingga rata.
- Tambahkan telur yang sudah dikocok, mentega yang telah dicairkan, air, garam, aduk hingga rata.
- Kemudian saring adonan.
- Sediakan Teflon, baluri mentega di atasnya.
- Dadar adonan kulit risol satu persatu hingga adonan habis.
- Sisihkan di piring pipih,
- Isi kulit yang telah didadar dengan smoke beef, mayonnaise, keju, saos, telur, dan saus.
- lalu lipat kulit dengan rapat,
- Lumuri kulit yang telah di isi dengan telur yang sudah di kocok.
- Lalu baluri dengan tepung roti,
- Goreng, hingga berwarna cokelat keemasan.
- Risol mayo siap disajikan di piring saji
BAB VIRENCANA PEMASARAN
A.
Analisis
Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha
saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing yaitu
melalui analisis SWOT.
1. Strength (kekuatan
Kekuatan dari menjual produk ini ialah :
a.
Dapat dibeli oleh segala kalangan
baik.
b.
Bahan produk yang terjamin sehat
dan higienis
c.
Tidak menggunakan pengawet
2.
Weakness (kelemahan)
a.
Tidak dapat tahan lama
b.
Produknya mudah ditiru
c.
Produk tidak terjual banyak
3.
Oppurtinity (peluang)
a.
Tempat strategis
b.
Fasilitas yang cukup memadai
c.
Banyaknya minta konsumen yang suka
makanan ringan atau cemilan
4.
Threath (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk
dengan harga yang relatif rendah dibanding Risol Mayo yang saya jual.
B. Analisis 4P
1. Product
Brand
: Risol Mayo
Quality
: Tanpa bahan pengawet
Packing
: menggunakan plastik sebagai pengemas produk
2.
Price
Untuk
harga awal, Risol Mayo dijual langsung kepada konsumen dengan harga
3000 per buah
3.
Promotion
a.
Personal Selling : Pemasaran awal
produk kami melalui face to face, dimana melalui mulut ke mulut, kemudian terus
berkembang.
b.
Media Online : kami juga memasarkan
produk kami melalui jaringan internet baik itu melalui social media maupun blog
yang tersedia
c.
Place
Berlokasi di wilayah sekitar area
kampus IAIN Palangkaraya
C. Target Dan Segmentasi Pasar
1.
Geografi
a.
Wilayah yang kita jadikan target
yaitu wilayah Palangkaraya, alasan kami memilih Palangkaraya karena bahan-bahan
untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan dikota ini.
b.
Kami melihat banyaknya peluang
bisnis pada makanan yang siap saji, sehingga kami memanfaatkan peluang ini.
2.
Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan mahasiswa, dosen dan lingkungan sekitar Perumahan dan dipinggiran jalan dengan membuka warung untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
D.
Strategi
Pemasaran
1.
Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan ringan yang lezat,
bergizi, dan harga yang terjangkau. Produk ini bernama “RISOL MAYO” yaitu risol
yang disajikan dengan mayonaise yang sehat untuk dikonsumsi.
2.
Membangun jaringan dengan usaha
lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk risol mayo ini yang berbahan baku seperti
smokebeef, sause, telur, keju, mayonaise. Oleh karena itu kami berniat bekerja
sama kepada perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk kami demi
meningkatkan kualitas produk kami dan mengenali usaha kami lebih luas.
3.
Menciptakan inovasi pada desain
yang ditawarkan.
Produk kami kali ini yang pertama : risol mayonaise dengan isi
yang sehat dan bergizi telur, daging asap, keju, sause. kedepannya kami ingin
berinovasi untuk membuat sause risol mayo yang berbeda.
4.
Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan website untuk wadah para konsumen memberikan saran
atas produk yang kami buat.
5.
Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui jejaring social dan
promosi face to face.
BAB VIIRENCANA PERMODALAN
A. Modal Usaha
Modal
Sendiri
:
Rp. 500.000,-
Modal
pinjaman : Rp.
1.500.000,-
Jumlah
:
Rp.2.000.000,-
B. Penentuan Harga Produksi
Biaya
Baku
: Rp. 412.000,00,-
Biaya
Penolong :
Rp. 143.000,00,-
Total biaya Produksi
:
Rp. 555.000,00,-
Biaya Cetak
laporan
: Rp. 6.000,00,-
Biaya
ADM :
Rp. 8.000,00,-
Total Biaya
Operasional :
Rp.14.000,00,-
Harga potong produksi/potong Risol
Mayo adalah :
Risol Mayo =(Rp. 555.000 +
Rp.14.000/500) = Rp. 1.138,-
Menentukan harga jual
Risol Mayo: Rp. 2.150
C. Penentuan Harga Jual
Perkiraan laba yang diharapkan :
Rp. 3.500 – Rp. 2150 = Rp. 1350
BAB VIIIRENCANA ORGANISASI
A. Rencana organisasi kami ialah terdiri dari bagian :
Manajemen
: 2
Produksi
: 4
Pemasaran
: 3
Keuangan
: 2
B. Klasifikasi Organisasi
1.
CEO
Mengontrol,
memonitor semua kegiatan yang ada didalam perusahaan dan mampu membaca laporan
keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
2.
General Manager
Dapat
mengatur sdeluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
3.
Financial Manager
Mengontrol
dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan, dan
dapat mengatasi masalah keuangan.
4.
Production Manager
Bertanggung
jawab terhadap produksi dan menginovasikan yang akan diperjualbelikan.
5.
Marketing Manager
Dapat
mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai
media.
BAB IXRESIKO
A. Resiko & Upaya Pengurangan Resiko
Selama ini produsen menggunakan bahan – bahan dengan mutu tinggi maka harga yang dikenakan untuk 1 buah risol mayo pun relative mahal, hal ini bertujuan untuk menutupi pengeluaran pembelian bahan baku. Jika produsen mengganti bahan baku daengan kualitas rendah, maka rasa dan tekstur risol mayo yang dihasilkan akan menurun, dan kemungkinan dengan kondisi tersebut para konsumen akan berkurang dalam mengkonsumsi risol mayo. Maka produsen akan mengambil jalan tengah dengan mengganti bahan baku dengan harga lebih murah dengan kualitas yang bersaing dengan bahan baku sebelumnya.
BAB XKESIMPULAN
Risol mayo adalah risol yang unik, dibuat secara sederhana namun menghasilkan rasa yang lezat dan bergizi pula. Risol mayo memiliki banyak keistimewaan diantaranya mempunyai banyak variasi rasa, sehingga membuat para pelanggan akan ketagihan untuk membelinya lagi. Usaha kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena akan menghasilkan omset yang tinggi. Namun wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan maka seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha berkembang dengan cepat. Dan juga kami akan terus melakukan inovasi agar konsumen terus berlangganan kepada kami
Baca juga:
Situs Seputar Keuangan dan Investasi Klik
Situs Analisa Fundamental Klik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar