Baca juga:
Situs Seputar Keuangan dan Investasi Klik
Situs Analisa Fundamental Klik
Kata Pengantar
Assalamualaikum
Wr.Wb
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena berkat
rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan proposal ini.Pembuatan proposal
ini kami buat sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ajang lomba Stand Bazar
Pasar Inovasi Mahasiswa di IAIN Palangkaraya pada tahun 2017.
Melalui proposal usaha ini diharapkan pembaca dapat
mempelajari dan mengetahui tentang langkah langkah pembuatan dan serta
perhitungan laba/rugi dan lain sebagainya dalam pembuatan proposal usaha bisnis
tetang Makanan dan Minuman yang terdiri dari :
a. Makanan
: Risoles, Mie gulung, Donat, Pisang Nugget, Pentol Pedas dan Puding fla
b. Minuman
: Es Jeruk, Es Sarang Burung, Pepsi, Fanta, Sprite dan coca-cola yang diambil dari berbagai sumber dan
percobaan yang telah dilakukan. Dengan penuh kesabaran akhirnya proposal usaha
bisnis ini dapat diselesaikan.
Kami merasa proposal
usaha bisnis yang kami buat ini masih jauh dari kesempurnaan masih penuh
dengan banyak kekurangan yang terdapat dalam tulisan ini sehingga usulan,
saran, dan kritik yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan
proposal usaha bisnis ini sehingga
nantinya proposal ini berguna bagi semua pihak.
Waalaikumsalam
Wr.Wb
Penyusun,
ESY Kelas A
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berbagai
jenis jajanan dan minuman yang sering kita temui dalam kehidupan kita
sehari-hari tentunya sudah tidak asing lagi.Baik yang kita temui sebagai olahan
rumah tangga maupun yang biasanya disajikan atau dijual dipasar tradisonal dan
modern.Seperti yang kita ketahui berbagai macam jenis makanan dan minuman biasanya
kita jumpai sudah tentu mempunyai krakteristiknya masing masing, baik dari segi
bentuk, tekstur, dan rasa.
1. Makanan
Setelah
melihat adanya berbagai macam produk makanan yang banyak digemari oleh
masyarakat maka dari itu kami mencoba untuk membuat usaha ini untuk dibazarkan
karena agar masyarakat atau khususnya mahasiswa IAIN Palangkaraya dan orang
luar yang datang kestand kami bisa membeli dan menikmati produk yang kami jual
yang sudah di Inovasi ini dan Produk makanan kami terdiri dari “Risoles, Mie
gulung, Donat, Pisang Nugget, Pentol Pedas dan Puding fla” produk kami ini
insyallah akan dapat bersaing dengan kelompok/tim bazar lainnya.
2. Minuman
Setelah melihatnya usaha minuman yang
beredar di masyarakat yang mendorong kami ingin membuat sebuah produk yang sama
dan memasarkannya lagi tapi agak sedikit berbeda atau sedikit di inovasi,
artinya kami berusaha memodifikasi produk tersebut atau menambahakan sedikit
berbeda dari biasanya.Produk minuman kami terdiri dari “es jeruk, es sarang
burung dan lain sebagainya” kami yakin produk minuman kami dapat bersaing dengan
produk minuman yang lainnya.
B. Tujuan
Adapun
tujuan dari pada Usaha Makanan dan Minuman ini adalah :
- Menjadi salah satu usaha yang profesional di bidang nya
- Untuk memperoleh penghasilan dan memberikan pelayanan prima dan memberi kepuasan bagi pihak konsumen.
- Produk ini nanti akan di inovasi menjadi lebih baik lagi dan kami akan perkenalkan lagi kepada masyrakat atau konsumen khususnya di IAIN Palangkaraya agar dapat mengetahui bahwa produk yang kami pasarkan ini menjadi makanan dan minuman yang berkualitas dan memberikan kepuasaan bagi konsumen.
1.Visi
a. Membuat makanan dan minuman yang kami inovasi ini menjadi berkembang dan menjadi digermari oleh konsumen.
b. Selalu mengutamakan konsumen dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.
2. Misi
a. Berusaha selalu memaksimalkan inovasi dari makanan dan minuman yang dipasarkan atau dijual.
b. Memberikan pelayanan dan produk terbaik.
c. Memberikan keterampilan dalam berwirausaha
d. Selalu mementingkan konsumen.
BAB II
ANALISIS PELUANG USAHA
Dalam memulai usaha
kita harus menganalisis peluang usaha dengan menggunakan SWOT (Strenght,
Weakness, Opportunity, Threat)
1. Strenght
· Menjual
produk untuk semua kalangan
· Produk
memiliki variasi yang unik
· Bahan
produk yang aman dan higenis
· Tidak
menggunakan pengawet
· Kemasan
yang menarik
2.
Weakness
· Tempat
usaha yang kurang strategis itu akan berpengaruh dengan usaha kami
· Pembelian
akan menurun apa bila cuaca yang buruk contoh nya hujan itu akan berdampak
dengan produk Minumannya.
· Tidak
tahan lama.
3.
Opportunity
· Pengemasan
yang baik dan menarik akan menarik minta para konsumen untuk membeli produk
kami.
· Biasanya
masyarakat ada yang tidak bisa atau terbiasa makan makanan berat pada pagi hari
maka dari itu kebanyakan ingin mengemil atau makanan –makanan kecil untuk dikonsumsi.
· Tempat
yang strategis.
4.
Threath
· Banyak
produk yang sejenis yang sama.
· Adanya
persaingan yang menjual produknya lebih murah.
· Bermunculan
makanan makanan yang bisa mengalihkan konsumen.
A. MARKETING MIX (Bauran Pemasaran)
Pengertian
bauran pemasaran adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk program
pemasaran sebuah usaha.Bauran pemasaran merupakan salah satu konsep yang
dilakukakan yang telah di kembangkan dalam pemasaran guna mencapai keuntungan.
1. Product
(produk)
Kami memproduksi produk dalam
bidang makanan dan minuman yaitu makanan : “Risoles, Mie gulung, Donat, Pisang
Nugget, Pentol Pedas dan Puding fla” dan minuman: “: Es Jeruk, Es Sarang
Burung, Pepsi, Fanta, Sprite dan coca-cola” yang kami buat dengan tampilan yang
menarik dan selain itu produk kami dijamin sehat, halal, higenis dan aman
dikonsumsi oleh masyarakat.
2.
Price (harga)
Untuk
mendapatkan makanan yang bermutu tinggi untuk kesehatan tidak harus mahal, maka
dari itu kami menjual produk kami dengan
harga yang sesuai dengan daya beli konsumen . karena menurut kami, selain
kualitas produk dan pelayanan prima, konsumen adalah salah satu aspek yang
sangat mendukung keberhasilan suatu usaha. Maka dari itu kami akan berusaha
untuk menyesuaikan harga dengan kemampuan dan daya beli konsumen.
3.
Place (tempat)
Sebagai
percobaan pertama kami akan memasarkan produk kami disekitar area kampus IAIN
Palangkaraya yang mana diselengarakan lomba Pasar Inovasi Mahasiswa ini.
4.
Promotion (promosi)
Kami
akan mempromosikan dengan cara membagikan brosur kepada Mahasiswa-Mahasiswi maupun dengan dosen dan
pekerja di kampus dan juga selain itu kami mempromosikan dengan face to face
atau secara langsung kepada konsumen.
B.
Keunggulan
Keunggulan produk kami yaitu makanan dan minumannya
ialah tidak ada pegawet yang digunakan, pengemasan secara baik, pelayanan
prima, memiliki mutu yang menyehatkan dan higenis dan produk kami ini kami
inovasi dari yang biasa-biasa saja menjadi produk yang kreatif agar menarik perhatian
minat konsumen.
C.
STP (Segmenting, Targeting, Positioning)
1.
Segmenting
Segmenting
adalah proses membagi pasar dalam keseluruhan suatu produk atau jasa yang
bersifat hetrogen kedalam beberapa segmen, dimana masing-masing segmennya
cendrung bersifat homogen dalam segala aspek.
Menganalis
potensi pasar para masyarakat yang merasa lelah dan panas dan juga membutuhkan
tempat bersantai dan berfoto karena stand kami menyiapkan Photo both untuk yang
senang atau hobi foto maupun selfie dan kami menyiapkan makanan yang enak dan
bermutu tentu nya tidak mengurus dompet konsumen dan minuman yang menyegarkan.
2.
Targeting
Strategi pasar atau target pemasaran untuk menentukan siapa
target dari produk kami tentunya karna kami mengikuti lomba Pasar Inovasi
Mahasiswa pastinya tentunya target kami adalah mahasiswa atau mahasiswi maupun
dosen atau pekerja dikampus IAIN Palangkaraya.
3.
Positioning
Strategi Positioning merupakan
strategi yang berusaha menciptakan produk yang unik dalam benak konsumen
sasarannya adalah konsumen sehingga terbentuk citra (image) merek atau produk
yang lebih unggul dibanding merk atau produk pesaing.
Trima kasih
BalasHapus