Proposal usaha makanan ringan dan Minuman

Proposal usaha makanan ringan dan Minuman

Baca juga:

Situs Seputar Keuangan dan Investasi Klik

Situs Analisa Fundamental Klik

Kata Pengantar

Assalamualaikum Wr.Wb

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan proposal ini.Pembuatan proposal ini kami buat sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ajang lomba Stand Bazar Pasar Inovasi Mahasiswa di IAIN Palangkaraya pada tahun 2017.

Melalui proposal usaha ini diharapkan pembaca dapat mempelajari dan mengetahui tentang langkah langkah pembuatan dan serta perhitungan laba/rugi dan lain sebagainya dalam pembuatan proposal usaha bisnis tetang Makanan dan Minuman yang terdiri dari :

a.     Makanan : Risoles, Mie gulung, Donat, Pisang Nugget, Pentol Pedas dan Puding fla
b.  Minuman : Es Jeruk, Es Sarang Burung, Pepsi, Fanta, Sprite dan coca-cola yang diambil dari berbagai sumber dan percobaan yang telah dilakukan. Dengan penuh kesabaran akhirnya proposal usaha bisnis ini dapat diselesaikan.

Kami merasa proposal  usaha bisnis yang kami buat ini masih jauh dari kesempurnaan masih penuh dengan banyak kekurangan yang terdapat dalam tulisan ini sehingga usulan, saran, dan kritik yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan proposal usaha bisnis  ini sehingga nantinya proposal ini berguna bagi semua pihak.

Waalaikumsalam Wr.Wb



Penyusun,




ESY Kelas A


BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Berbagai jenis jajanan dan minuman yang sering kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari tentunya sudah tidak asing lagi.Baik yang kita temui sebagai olahan rumah tangga maupun yang biasanya disajikan atau dijual dipasar tradisonal dan modern.Seperti yang kita ketahui berbagai macam jenis makanan dan minuman biasanya kita jumpai sudah tentu mempunyai krakteristiknya masing masing, baik dari segi bentuk, tekstur, dan rasa.

1. Makanan

    Setelah melihat adanya berbagai macam produk makanan yang banyak digemari oleh masyarakat maka dari itu kami mencoba untuk membuat usaha ini untuk dibazarkan karena agar masyarakat atau khususnya mahasiswa IAIN Palangkaraya dan orang luar yang datang kestand kami bisa membeli dan menikmati produk yang kami jual yang sudah di Inovasi ini dan  Produk  makanan kami terdiri dari “Risoles, Mie gulung, Donat, Pisang Nugget, Pentol Pedas dan Puding fla” produk kami ini insyallah akan dapat bersaing dengan kelompok/tim bazar lainnya.

2. Minuman

    Setelah melihatnya usaha minuman yang beredar di masyarakat yang mendorong kami ingin membuat sebuah produk yang sama dan memasarkannya lagi tapi agak sedikit berbeda atau sedikit di inovasi, artinya kami berusaha memodifikasi produk tersebut atau menambahakan sedikit berbeda dari biasanya.Produk minuman kami terdiri dari “es jeruk, es sarang burung dan lain sebagainya” kami yakin produk minuman kami dapat bersaing dengan produk minuman yang lainnya.

B. Tujuan

Adapun tujuan dari pada Usaha Makanan dan Minuman ini adalah :
  1. Menjadi salah satu usaha  yang profesional di bidang nya
  2. Untuk memperoleh penghasilan dan memberikan pelayanan prima dan memberi kepuasan bagi pihak konsumen.
  3. Produk ini nanti akan di inovasi menjadi lebih baik lagi dan kami akan perkenalkan lagi kepada masyrakat atau konsumen khususnya di IAIN Palangkaraya agar dapat mengetahui bahwa produk yang kami pasarkan ini menjadi makanan dan minuman yang berkualitas dan memberikan kepuasaan bagi konsumen.
C. Visi dan Misi

    1.Visi  

a. Membuat makanan dan minuman yang kami inovasi ini menjadi berkembang dan menjadi digermari oleh konsumen.
b. Selalu mengutamakan konsumen dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

    2. Misi 

a. Berusaha selalu memaksimalkan inovasi dari makanan dan minuman yang dipasarkan atau dijual.

b. Memberikan pelayanan dan produk terbaik.

c. Memberikan keterampilan dalam berwirausaha

d. Selalu mementingkan konsumen.


BAB II
ANALISIS PELUANG USAHA

Dalam memulai usaha kita harus menganalisis peluang usaha dengan menggunakan SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat)
1.   Strenght
·      Menjual produk untuk semua kalangan
·      Produk memiliki variasi yang unik
·      Bahan produk yang aman dan higenis
·      Tidak menggunakan pengawet
·      Kemasan yang menarik
2.         Weakness
·      Tempat usaha yang kurang strategis itu akan berpengaruh dengan usaha kami
·      Pembelian akan menurun apa bila cuaca yang buruk contoh nya hujan itu akan berdampak dengan produk Minumannya.
·      Tidak tahan lama.
3.        Opportunity
·      Pengemasan yang baik dan menarik akan menarik minta para konsumen untuk membeli produk kami.
·      Biasanya masyarakat ada yang tidak bisa atau terbiasa makan makanan berat pada pagi hari maka dari itu kebanyakan ingin mengemil atau makanan –makanan kecil untuk dikonsumsi.
·      Tempat yang strategis.
4.        Threath
·      Banyak produk yang sejenis yang sama.
·      Adanya persaingan yang menjual produknya lebih murah.
·      Bermunculan makanan makanan yang bisa mengalihkan konsumen.
A.   MARKETING MIX (Bauran Pemasaran)
Pengertian bauran pemasaran adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah usaha.Bauran pemasaran merupakan salah satu konsep yang dilakukakan yang telah di kembangkan dalam pemasaran guna mencapai keuntungan.
1.  Product (produk)   
Kami memproduksi  produk dalam bidang makanan dan minuman yaitu makanan : “Risoles, Mie gulung, Donat, Pisang Nugget, Pentol Pedas dan Puding fla” dan minuman: “: Es Jeruk, Es Sarang Burung, Pepsi, Fanta, Sprite dan coca-cola” yang kami buat dengan tampilan yang menarik dan selain itu produk kami dijamin sehat, halal, higenis dan aman dikonsumsi oleh masyarakat.
2.      Price (harga)
Untuk mendapatkan makanan yang bermutu tinggi untuk kesehatan tidak harus mahal, maka dari itu kami menjual produk kami  dengan harga yang sesuai dengan daya beli konsumen . karena menurut kami, selain kualitas produk dan pelayanan prima, konsumen adalah salah satu aspek yang sangat mendukung keberhasilan suatu usaha. Maka dari itu kami akan berusaha untuk menyesuaikan harga dengan kemampuan dan daya beli konsumen.
3.      Place (tempat)
Sebagai percobaan pertama kami akan memasarkan produk kami disekitar area kampus IAIN Palangkaraya yang mana diselengarakan lomba Pasar Inovasi Mahasiswa ini.
4.      Promotion (promosi)
Kami akan mempromosikan dengan cara membagikan brosur kepada  Mahasiswa-Mahasiswi maupun dengan dosen dan pekerja di kampus dan juga selain itu kami mempromosikan dengan face to face atau secara langsung kepada konsumen.
B.     Keunggulan
Keunggulan produk kami yaitu makanan dan minumannya ialah tidak ada pegawet yang digunakan, pengemasan secara baik, pelayanan prima, memiliki mutu yang menyehatkan dan higenis dan produk kami ini kami inovasi dari yang biasa-biasa saja menjadi produk yang kreatif agar menarik perhatian minat konsumen.
C.     STP (Segmenting, Targeting, Positioning)
1.      Segmenting
      Segmenting adalah proses membagi pasar dalam keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat hetrogen kedalam beberapa segmen, dimana masing-masing segmennya cendrung bersifat homogen dalam segala aspek.
      Menganalis potensi pasar para masyarakat yang merasa lelah dan panas dan juga membutuhkan tempat bersantai dan berfoto karena stand kami menyiapkan Photo both untuk yang senang atau hobi foto maupun selfie dan kami menyiapkan makanan yang enak dan bermutu tentu nya tidak mengurus dompet konsumen dan minuman yang menyegarkan.
2.        Targeting
Strategi pasar  atau target pemasaran untuk menentukan siapa target dari produk kami tentunya karna kami mengikuti lomba Pasar Inovasi Mahasiswa pastinya tentunya target kami adalah mahasiswa atau mahasiswi maupun dosen atau pekerja dikampus IAIN Palangkaraya.
3.      Positioning
Strategi Positioning merupakan strategi yang berusaha menciptakan produk yang unik dalam benak konsumen sasarannya adalah konsumen sehingga terbentuk citra (image) merek atau produk yang lebih unggul dibanding merk atau produk pesaing.

Baca juga:

Situs Seputar Keuangan dan Investasi Klik

Situs Analisa Fundamental Klik

1 komentar:

Kumpulan Proposal Usaha Bisnis Semoga Bermanfaat

Pendidikankeuangan.com

Analisa Saham Analisa Saham ICBP Perusahaan Produsen Mi Instan Terbaik Indonesia Analisa Saham INCO Perusahaan Pertambangan Nikel Terbai...